Laman

Sabtu, 12 Oktober 2013

Menejemen dan Perencanaan

Menejemen
1.      Pengertian Menejemen
Menejemen adalah proses dari tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang ditetapkan secara efisien (menggunakan sumber daya secara bijaksana dan hemat biaya) dan efektif (Membuat keputusan yang tepat dan sukses dalam implentasi)


2.      Jenis-Jenis Menejement
a.       Menejemen Pemasaran
Mengindetifikasi apa yang dibutuhkan konsumen dan bagaimana untuk diwujudkan dimana dapat menetapkan suatu harga serta promosi, menyalurkan gagasan dan hal lainnya untuk mempertahankan atu mengembangkan perusahaan sehingga mendapatkan kuntungan semaksimal mungkin
b.      Menejemen Keuangan
Kegian bisnis yang dilakukan mampu untuk mencapai tujuan secara ekonomis yang diukur secara profit untuk mengendalikan dana yang dimiliki oleh seseorang atau kelompok
c.       Menejemen Sumber Daya Manusia
Berfungsi untuk memperoleh sunber daya manusia bagi bisnis yang dijalankan dan terbaik dimana  dapat dipelihara dan tetap kerja sama dangan kualiatas pekerjaan yang senantiasa konstan maupun bertambah.
d.      Menejemen Informasi
Pemanfaatan sumber daya yang berhubungan dengan informatika yang intinya berusaha bahwa bisnis yang dijalankan teteap mapu bertahan dalam jangka waktu panjang.
e.       Menejemen Operasional
Berfokus bentuk pengolahan secara menyeluruh dan optimal pada proses produksi barang dan jasa yang berlangsung secara efektif dan efisien yang dapat dijual belikan

3.      Pengertian Kepemimpinan
Kepemimpinan telah dipelajari secara luas dalam beberbagai konteks dan dasar teoritis yang dapat digambarkan sebagai proses,  mengpengaruhi yang terjadi antara pemimpin dan bawahan
Kepemimpinan adalah kemampuan mengpengaruhi orang lain atau suatu kelompok sehingga orang tersebut dengan penuh semangat kearah penentuan tujuan dan mencapai suatu tujuan.



Perencanaan

1.      Pengertian Perencanaan
Perencanaan adalah suatu proses yang tidak berakhir bila rencan tersebut telah ditetapkan, rencana harus di implentasikan dengan adanya pemikiran yang matang dalam rangka mencapai tujuan yang diinginkan.
Menurut Garth N. Jone, perencanaan adalah proses pemilihan dari tindakan yang paling baik atau menguntungkan untuk mencapai tujuan.
Menurut Mc. Farland, perencanaan adalah fungdi dimana pemimpin kemungkinan menggunakan pengaru dari pada kewenangan, yang dapat mengubah tujuan dan kegiatan organisasi


2.      Manfaat Perencanaan

a.       Membantu manajemen untuk menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan.
b.      Membantu dalam kristalisasi persesuaian pada masalah-masalah utama.
c.       Memungkinkan manajer mamahami keseluruhan gambaran operasi lebih jelas.
d.      Membantu penempatan tanggung jawab lebih jelas/tepat.
e.       Memberikan cara perintah untuk operasi.
f.       Memudahkan dalam melakukan koordinasi di antara berbagai bagian organisasi.
g.      Membuat tujuan khusus, terperinci dan lebih mudah difahami.
h.      Meminimumkan pekerjaan yang tidak pasti.
i.        Menghemat waktu, usaha, dana.

3.      Jenis-Jenis Perencanaan dalam Organisasi

Perencanaan ini terdiri dari:

a)      Perencanaan strategis

Rencana strategis yaitu rencana yang dikembangkan untuk mencapai tujuan strategis. Tepatnya, rencana strategis adalah rencana umum yang mendasari keputusan alokasi sumber daya, prioritas, dan langkah-langkah tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan strategis.

b)      Perencanaan taktis

Rencana taktis adalah rencana ditujukan untuk mencapai tujuan taktis, dikembangkan untuk mengimplementasikan bagian tertentu dari rencana strategis. Rencana strategis pada umumnya melibatkan manajemen tingkat atas dan menegah dan jika dibandingkan dengan rencana strategis, memiliki jangka waktu yang lebih singkat dan suatu fokus yang lebih spesifik dan nyata

c)       Perencanaan operasional

Rencana Oprasional adalah rencana yang menitikberatkan pada perencanaan rencana taktis untuk mencapai tujuan operasional. Dikembangkan oleh manajer ingkat menegah dan tingkat bawah, rencana operasional memiliki fokus jangka pendek dn lingkup yang relatif lebih sempit. Masing-masing rencana operasional berkenaan dengan suatu rangkaian kecil aktivitas. Kami menjelaskan perencanaan dengan lebih mendekati pada bagian selanjutnya.
      





Tidak ada komentar:

Posting Komentar