Laman

Rabu, 11 Januari 2012

Manusia dan Harapan


Manusia pasti memiliki harapan yang artinya selalu berharap apa yang melekat yang ada didalam dirinya agar apa yang diinginkannya dapat terwujud dengan baik. Manusia yang tidak punya harapan biasanya tidak punya tujuan hidup atau bisa disebut mati dalam hidup. Harapan harus ada didalam keyakinan manusia baik itu keyakinan pada diri sendiri maupun keyakinan pada tuhan yang maha esa. Manusia berhak untuk berharap selagi manusia mau berusaha untuk mewujudkan harapan itu dan tuhanlah yang akan membantu manusia mwujudkan harapan manusia selagi manusia selalu berusaha dan berdoa tanpa adanya lelah. 
Harapan dan cita-cita hampir sama yaitu dimana perwujudtannya belum mencapai keinginann tetapi perbedaannya cita-cita lebih mencapai kenginan setinggi binar sedangkan harapan tidak terlalu muluk seperti cita-cita.
Menurut kodratnya manusia itu adalah makhluk sosial. Setiap lahir didunia langsung disambut  dalam suatu pergaulan hidup,  yakni didalam suatu keluarga yang terutama lalu dengan masyarakat lain yang ada disekitarnya. Ada dua hal yang mendorong manusia hidup dalam pergaulan manusia lain yaitu dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup.
Menurut maslow sesuai dengan kodratnya dan kebutuhan hidup itu maka manusia mempunyai harapan yaitu keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sesuai dengan kodratnya harapan manusia itu adalah:
1.       Kelangsungan hidup
2.       Keamanan
3.       Hak dan kewajiban mencintai dan cintai
4.       Diakui lingkungan
Sebab-sebab Manusia Memiliki Harapan
Dorongan kodrat ialah sifat atau keadaan atau pembawaan alamiah yang sudah terjelma dalam diri manusia sejak manusia diciptakan oleh tuhan serta adanya keinginan agar apa yang diharapkan sesuai apa yang ia inginkan.
Dorongan untuk kebutuhan hidup yang terdiri dari Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang kita butuhkan dalam keseharian. Kebutuhan rohani adalah kebutuhan batin manusia yang hanya dapat dipenuhi.
Manusia memiliki tiga kebutuhan pokok yaitu:
a.       Sandang adalah kebutuhan manusia yang berguna untuk melindungi dirinya seperti pakaian, dan lainnya.
b.       Pangan adalah kebutuhan manusia meliputi kebutuhan sehari-hari seperti makan minum dan sebagainya.
c.       Papan adalah kebutuhan hidup manusia untuk berlindung setiap harinya contohnya rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar