Laman

Jumat, 16 Desember 2011

manusia dan keadilan




Keadilan
Setiap manusia pasti mengalami tidak diadili dan pastinya hak setiap manusia pasti ingin diadili oleh dalam bersosial. Keadilan biasanya tindakan yang dilakukan individu yang didasari oleh kebenaran dan manusia berusaha untuk mencapai keadilan dan menuntut atas hak yang dimilikinya.  Saat ini manusia semakin membutuhkan yang namanya keadilan tapi mungkin banyak hal yang menjadi keadilan tidak seimbang dengan kehidupan manusia. Itu terjadi akibat keegoan individu masing-masing yang hanya memikirkan diri sendiri dan tidak mau peduli dengan oran lain.
Keadilan menurut Aristores adalah kelayakan dalam tindakan manusia. Kelayakan adalah titik tengah antara kedua ujung ekstrim yang terlalu banyak dan terlalu sedikit. Kedua ujung ekstrem ini menyangkut dua orang atau benda. Bila kedua ini mempunyai kesamaa dalam ukuran yang telah ditetapkan, maka masing-masing orang akan menerima bagian yang tidak sama, sedangkan pelanggaran terhadap porposi disebut tidak adil.
Arti dari keadilan itu sendiri adalah kondisi kebenaran ideal secara moral megenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang.

Makna Keadilan
Keadilan memberikan kebenaran, ketegasan dan suatu jalan tengah dari berbagai persoalan juga tidak memihak kepada siapapun. Dan bagi yang berbuat adil merupakan orang yang bijaksana.
Berbagai macam keadilan
a. 1. Keadilan Legal atau Moral
Ialah keadilan itu berasal dari dalam jiwa manusia itu sendiri.
2. Keadilan Distributif
Keadilan dapat terlaksana jika adanya suatu bukti yang membenarkan.
3.  Keadilan Komunikatif
Keadilan yang bertujuan untuk menjaga komunikasi, dan ketertiban agar terciptanya kesejahteraan dalam hidup bermasyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar